Sabtu, 28 Juli 2012

Tips Mengingkatkan Kekebalan Tubuh

Apakah anda termasuk orang yang mudah terkena penyakit flu? Bila jawabannya”iya”, bisa jadi daya tahan tubuh anda memang kurang kuat. Walaupun obat-obatan dapat membantu anda menyembuhkan serangan flu yang mengganggu aktifitas sehari-hari, tidak anda salahnya jika anda mulai mencegah datangnya flu. Nah, ternyata flu tidak hanya datang dari virus saja karena berbagai kebiasaan yang kita lakukan juga mempengaruhi daya tahan tubuh akan penyakit. Mari kita lihat apa saja kebiasaan yang dapat menjauhkan penyakit flu dari anda.

  • Mendengarkan music
Tahukah anda bahwa beberapa ahli kesehatan sudah pernah melakukan study yang mempelajari efek music terhadap sistem kekebalan tubuh, terutama pada perempuan. Hasilnya. Mendengarkan music sudah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Pijat
Pijat atau disebut juga lymphatic merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh anda. Jadi, daripada anda mengobati flu dengan berbagai macam obat, ada baiknya anda memanjakan tubuh anda sekaligus menyembuhkan flu dengan pijat.
  • Relaksasi
Seperti yang anda tahu, stress akan mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh anda. Disarankan ketika anda sedang mengalami stress, misalnya tuntutan bos dan tumpukan pekerjaan, cobalah untuk mengambil kelas pilates atau yoga untuk membuat pikiran anda lebih rileks.
  • Tertawa
Cobalah lebih banyak menceritakan atau mendengarkan lelucon untuk membuat anda lebih sering tertawa. Karena menurut sebuah test, tertawa dapat meningkatkan sistem imun dengan cara menurunkan kadar stress dan kecemasan. Tidak hanya itu saja, tertawa juga dapat meredakan ketegangan otot dan meningkatkan asupan oksigen pada tubuh anda.
  • Tidur
Biasakan untuk tidur minimal 8 jam dalam sehari untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh, karena saat anda tidur kurang dari 8 jam sehari secara terus menerus akan meningkatkan kadar hormone stress dan memperlemah sistem imun.
  • Olahraga
Berolahraga ternyata sangat baik bagi tubuh anda, karena berolahraga akan meningkatkan hormone-hormon yang menguatkan kekebalan badan anda akan serangan flu. Selain itu, berolah raga juga akan mengurangi tingkat stress pada diri anda.
  • Perbanyak asupan air putih
Bila anda lebih sering minum minuman berwarna seperti sirup, soda maupun minuman berenergi, sebaiknya anda mulai menguranginya. Gantilah minuman kesukaan anda dengan 8 gelas air putih setiap harinya. Karena air putih sangat baik bagi tubuh anda dan dengan air putih anda akan mendapatkan kulit yang sehat. Kenapa? Karena kulit merupakan pertahanan pertama dari tubuh untuk melawan infeksi dari luar.
  • Makan makanan sehat
Ternyata orang-orang yang mengalami obesitas dinyatakan lebih sulit melawan infeksi. Jadi, ada baiknya anda mempertahankan berat tubuh ideal anda dengan menerapkan pola makan sehat. Dan pola makan sehat antara lain dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar