Selasa, 06 November 2012

puasa + olahraga = metabolisme lancar


Pola makan yang berubah karena perubahan waktu makan, dan minum, kadang membuat ngantuk nggak bisa dihindari. Bahkan waktu tidur kayaknya lebih banyak dibanding bekerja. Trus gimana caranya puasa, tapi nggak ninggali olah raga???   Katanya nih, berpuasa dan tetap menjalankan rutinitas olahraga, badan bakal tersa enteng, bugar dan tentunya metabolisme body jauh lebih baik.
Kondisi fisik sangat terpengaruh dengan kegiatan berpuasa. Namun, dengan tetap berolahraga, bikin asupan oksigen kedalam tubuh menjadi  lebih banyak. Akibatnya, badan tetap segar dan nggak lemes. Cuma jangan lupa, harus memeperhatikan waktu, porsi makan, dan jenis olahraganya serat kecukupan kalori untuk mendapatkan kondisi badan yang lebih baik. Kal bisa sih, olahraga yang dilakukan nggak usah yang terlalu berat, alias yang ringan2 aja dengan durasi secukupnya. Mungkin bisa dipilih jenis olahraga jalan cepat, jogging, atau yoga.
Olahraga apa yang nggak boleh dilakuin waktu puasa???   Berenang udah pasti. Suasana dikolam renang biasanya mengurangi nilai dari puasa itu.  Belum lagi kalo sampe air kolam masuk kemulut dan tertelan. Itu bisa dihitung batal loh.
Waktu berolahraga pun harus diperhatikan. Kalo bisa 1-2 jam setelah atau sesudah makan. Bahkan mau dilakukan setelah sahur atau sebelum buka puasa pun nggak masalah selama masih kuat. Hehe...;}
Puasa adalah bagian dari proses membersihkan diri dari racun dengan mengistirahatkan lambung dari makan-makanan yang kurang baik. Nah, dengan berolahraga tentunya dapat membantu proses pembersihan percernaan. Puasa nggak Cuma membersihakn diri dari makanan tapi juga hati dan pikiran. [ sumber :detikhealth.com ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar