Sabtu, 23 Juni 2012

FOTOSINTESIS


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Konsep, fakta, dan prinsip pembuatan zat makanan pada tumbuhan hijau
a.      Konsep-konsep esensial tentang pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. Beberapa faktor yang diperlukan agar terlaksana proses fotosintesis[1]:
1.      Air
Tumbuhan menyerap air dari tanah, kemudian diserap oleh akar selanjutnya disalurkan melalui pembuluh angkut(xilem) sampai pada daun. Kandungan air di udara dan didalam tanah sangat mempengaruhi  laju fotosintesis.
2.      Gas karbon dioksida (CO2)
Gas karbon dioksida diperoleh dari udara yang masuk melalui mulut daun (stomata). Seperti halnya air konsentrasi gas karbon dioksida di udara juga sangat mempengaruhi laju fotosintesis.
3.      Klorofil
Klorofil disebut juga zat hijau daun. Klorofil terdapat dalam kloroplas. Kloroplas ditemukan pada daun. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya.
4.      Cahaya
Cahaya mempunyai panjang gelombang yang bervariasi. Faktor cahaya matahari sangat menentukan laju fotosintesis. Keadaan cuaca yang terang dengan keadaan cuaca mendung memberikan hasil yang berbeda pada aktivitas fotosintesis.
Persamaan reaksi fotosintesis, sebagai berikut[2]:
Air      +    Karbon dioksida                Cahaya yang cukup                  Karbohidrat    + Oksigen
(H2O)                    (CO2)                                                                 Adanya klorofil           (O2)

b.      Fakta tentang pembuatan zat makanan pada tumbuhan hijau
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan terjadi pada tumbuhan yang mempunyai pigmen hijau. Terkait dengan proses fotosintesis  ditemukan beberapa fakta antara lain:
a.       Kebanyakan tumbuhan berwarna hijau
b.      Tumbuhan ditempat gelap, daunnya berwarna pucat dan akhirnya mati
c.       Bila tumbuhan tidak mendapatkan pengairan yang cukup akan mati
d.      Tumbuhan yang sehat akan menghasilkn buah yang baik
Cadangan makanan  merupakan cara tumbuhan menyimpan hasil-hasil fotosintesis. Beberapa fakta tentang cadangan makanan misalnya; singkong memiliki umbi, jagung menyimpan makanannya dalam bentuk biji, pohon jambu menghasilkan buah jambu.
Dari konsep yang terdapat pada materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau, selanjutnya apabila kita pelajari terdapat keterkaitan antara beberapa konsep yang disebut prinsip. Beberapa konsep yang membentuk prinsip: Hasil fotosintesis terutama karbohidrat sebagai sumber energi makhluk hidup demikian juga oksigen sebagai hasil sampingan diperlukan untuk bernafas.
B.     Peta konsep tentang pembuatan zat makanan pada tumbuhan hijau

FOTOSINTESIS

ZAT MAKANAN
CAHAYA
 

                                                                       
KLOROFIL
                                                                                    Dihasilkan
 

HO2
                        Diperlukan
 

CO2

OKSIGEN
                                                                                    Dihasilkan


C.    Kesalahan konsep pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
Reaksi fotosintesis merupakan serangkaian reaksi yang kompleks. Berikut ini beberapa contoh kesalahan konsep dalam fotosintesis:
1.      Tumbuhan mendapatkan makanan dari tanah
Pembenarannya: tumbuhan autrotrof dapat membuat makanan dari bahan anorganik dan energi matahari. Bahan anorganik seperti air diambil dari tanah.
2.      Fotosintesis adalah perubahan karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat dan oksigen.
Pembenarannya: fotosintesis adalah serangkaian reaksi komplek dengan menggunakan energi untuk mengubah bahan anorganik menjadi karbohidrat dan oksigen yang dilepaskan.
3.      Fotosintesis terjadi pada siang hari dan malam hari tumbuhan melakukan respirasi.
Pembenarannya: kedua reaksi fotosintesis dan respirasi pada tumbuhan terjadi bersamaan. Reaksi  fotosintesis terjadi dua fase yaitu fase terang dan fase gelap. Fase terang memerlukan cahaya sedangkan fase gelap tidak memerlukan cahaya. Respirasi pada tumbuhan terjadi setiap saat, diperlukan untuk hidup.
4.      Tumbuhan adalah hijau karena tumbuhan tersebut menyerap cahaya matahari warna hijau. Pembenarannya: tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang memiliki pigmen klorofil yang dapat digunakan untuk menyerap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang tertentu yang memantulkan gelombang hijau.
D.    Menentukan strategi pembelajaran pada materi pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
      Penerapan pembelajaran konsep fotosintesis dapat menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dengan metode-metode pembelajaran seperti PBI(Problem Base Intructions), praktikum, observasi, presentasi, dan diskusi. Penggunaan strategi pembelajaran ini sangat sesuai dengan materi konsep fotosintesis yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Bahan anorganik seperti air dan karbon dioksida didapatkan dari lingkungan sekitar tumbuhan berada. Untuk mempelajari serangkaian reaksi kimia dalam proses fotosintesis dapat dilakukan percobaan laboratorium. Sedangkan hasil dari fotosintesis berupa karbohidrat dan oksigen bisa dipelajari melalui observasi beberapa tumbuhan, pembuktiannya dapat juga dengan percobaan-percobaan laboratorium.
E.     Keterampilan proses pada materi pmbuatan zat makanan pada tumbuhan hijau
1.      Observasi
2.      Prediksi
3.      Menggunakan alat dan bahan
4.      Menyimpulkan
F.     RPP Pembuatan Zat Makanan Pada Tumbuhan Hijau
Mata pelajaran           : IPA
Materi pokok             : Tumbuhan hijau
Pertemuan/waktu      : 35 menit
Kelas/semester          : V/I
A.    Kompetensi dasar
Mengidentifikasi  cara tumbuhan hijau membuat makanan.
B.     Indikator
Siswa mampu:
a.       melakukan pengamatan tentang   tumbuhan hijau
b.      siswa dapat menyebutkan tumbuhan hijau memiliki klorofil dengan tepat.
C.     Materi: tumbuhan hijau
D.    Sumber : IPA Kelas 5
E.     Metode : Praktikum
F.      Pendekatan : keterampilan proses
G.    Rincian kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan awal
a.       Mengucapkan salam pembuka
b.      Menyanyikan lagu berkebun
2.      Kegiatan inti
a.       Guru mendemonstrasikan tentang tumbuhan hijau mengandung klorofil
b.      Siswa mengadakan pengamatan melalui percobaan
3.      Kegiatan akhir
a.       Evaluasi
Hasil pengamatan
No
Nama Tumbuhan
Berubah Warna
Tidak Berubah













BAB III
KESIMPULAN


[1] Agus Sugianto,dkk.2009.Pembelajaran IPA MI,Edisi Pertama.Surabaya:LAPIS PGMI.HLM.5-11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar